Pemanfaatan dan Klasifikasi Eceng Gondok

Pemanfaatan Dan Klasifikasi Eceng Gondok. Eceng Gondok salah satu jenis tumbuhan air yang banyak sekali terdapat di Rawa Pening, di kota Ambarawa.

Mungkin saat ini bagi anda yang berkunjung melihat Rawa Pening juga akan melihat hamparan tanaman Eceng Gondok yang sangat luas memenuhi permukaan air di danau Rawa Pening.


Pemanfaatan Dan Klasifikasi Eceng Gondok -  Ciri Khusus


Eceng Gondok memiliki nama latin Eichhornia crassipes. Tanaman air ini menurut sejarahnya pertama kali ditemukan oleh seorang ahli Botanikal dari Jerman yang bernama Carl Friedrich Philipp von Martius. Pertama kalinya ditemukan di perairan Sungai Amazon pada sekitar tahun 1824.

Eceng Gondok banyak tumbuh di perairan rawa dan danau. Ciri khusus eceng gondok yaitu bentuk batang yangmenggelembung dan runcing pada bagian pangkalnya. Sedangkan daunnya berwarna hijau oval. Tanaman ini biasanya dapat tumbuh dengan tinggi tidak sampai 1 meter. Sedangkan bunga Eceng Gondok berwarna putih ungu.


Pemanfaatan Dan Klasifikasi Eceng Gondok - Dianggap Gulma


Eceng Gondok memang jenis tumbuhan air yang dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Dia berkembang biak dengan perantaraan air. Dan karena cepatnya perkembangan Eceng Gondok di dalam air inilah yang kemudian sering kali membuat Eceng Gondok menutupi sebagian besar danau dengan cepat. Dan bahkan bila pertumbuhannya tidak dapat dikendalikan, maka biasanya pertumbuhan cepat tanaman ini juga akan mengakibatkan terjadinya pendangkalan air danau atau rawa. Oleh sebab itulah dagi banyak orang Eceng Gondok sering kali dianggap sebagai gulma.

Apabila sebuah rawa atau danau mengalami pendangkalan tentu saja danau atau rawa tersebut tidak akan mampu lagi menampung debit air tanah yang mengalir dari hujan. Sedangkan di Rawa Pening jika pendangkalan oleh Eceng Gondok ini terjadi, maka dikhawatirkan akan terjadi banyak hal yang tidak diinginkan. Efek buruk dari pertumbuhan Eceng Gondok yang berlebihan misalnya :

  • Pendangkalan air. Pendangkalan air danau atau rawa biasanya terjadi karena tumbuhan Eceng Gondok yang telah mati tidak akan bisa terurai dengan baik. Tumbuhan yang mati biasanya akan tenggelam ke dasar danau, yang jelas akan mempercepat proses pendangkalan. 
  • Banjir. Banjir adalah salah satu dampak buruk dengan adanya pendangkalana air danau yang biasanya juga berfungsi sebagai pengontrol debit air tanah, terutama pada saat musim penghujan. 
  • Penguapan tinggi. Karena jenis tumbuhan Eceng Gondok yang rimbun dan bergerombol, hal ini akan mengakibatkan terjadinya penguapan air danau yang lebih cepat. Ini terjadi karena air akan mudah terserap ke dalam batang dan daun tanaman. 
  • Rusaknya ekosistem. Salah satu dampak yang cukup terasa dengan pertumbuhan Eceng Gondok yang terlalu cepat adalah semakin berkurangnya hasil perikanan di dalam danau atau rawa. 
  • Ancaman bagi Pembangkit Listrik. Kebanyakan danau juga berfungsi sebagai penyuplai untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air. Dengan semakin berkurangnya jumlah air yang ada di dalam danau maka tentu saja PLTA akan mengalami masalah suplai listrik untuk warga sekitar. 

Pemanfaatan dan Klasifikasi - Eceng Gondok Danau Rawa Pening Ambarawa
Eceng Gondok Danau Rawa Pening Ambarawa


Pemanfaatan Dan Klasifikasi Eceng Gondok - Manfaat Bagi Kehidupan


Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dampak negatif yang diakibatkan dengan pertumbuhan Eceng Gondok cukup banyak. Namun di sisi lain tumbuhan Eceng Gondok ternyata juga sangat berguna bagi sekelompok orang. Ya seperti yang kita ketahui Eceng Gondok dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Diantaranya adalah sebagai bahana dasar pembuatan aneka kerajinan tangan. Dan kegunaan lainnya adalah sebagai bahan alternatif untuk minuman atau makanan.

  • Pemanfaatan Eceng Gondok Untuk Kerajinan Tangan. Eceng Gondok saat ini merupakan salah satu bahan dasar untuk pembuatan berbagai macam kerajinan eceng gondok. Banyak sekali kerajinan eceng gondok yang dapat dihasilkan seperti misalnya keranjang, hiasan dinding, berbagai souvenir, tas eceng gondok, dompet, bahkan sepatu. Tentu saja hal ini sangat bagus, karena dengan pemanfaatan Eceng Gondok sebagai bahan kerajinan tangan, maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar rawa atau danau. 
  • Pemanfaatan Eceng Gondok Untuk Kuliner. Ya sekarang ini telah mulai banyak dijumpai beberapa orang yang telah mampu mengembangkan dan pemanfaatan Eceng Gondok sebagai bahan untuk diolah sebagai bahan makanan atau minuman. Sekarang ini juga telah banyak dijumpai rumah makan yang menyajikan makanan atau minuman dari Eceng Gondok, terutama rumah makan yang berada di sekitar rawa atau danau. 

Gambar Eceng Gondok
Tanaman Eceng Gondok


Pemanfaatan Dan Klasifikasi Eceng Gondok - Pentingnya Penanggulangan


Penanggulangan adalah hal pokok yang harus dilakukan untuk mengontrol pertumbuhan eceng gondok. Tanaman yang satu ini memang memiliki 2 sisi, jika pertumbuhannya wajar maka akan memberikan keuntungan di berbagai bidang terutama bagi warga sekitar.

Jika pertumbuhannya tidak terkontrol, bisa dipastikan akan menghancurkan semua ekosistem di rawa atau danau tersebut, dan tentu saja akan membawa segala dampak buruk yang telah disebutkan di atas. Di sisi lain jika pemusnahannya terlalu cepat dan menyebabkan tanaman ini hilang dari rawa, tentu saja juga banyak dari masyarakat yang akan dirugikan karena mereka tidak akan mampu lagi untuk mengolah Eceng Gondok. Jadi bagaimanapun juga pertumbuhan Eceng Gondok ini harus dikendalikan dengan baik sehingga benar-benar akan membawa dampak positif bagi semua pihak. --Pemanfaatan dan Klasifikasi  Eceng Gondok--



Incoming search terms :

eceng gondok, enceng gondok, ciri khusus eceng gondok, manfaat eceng gondok, biogas eceng gondok, kerajinan eceng gondok, tas eceng gondok, rawa pening, ambarawa, kampung rawa ambarawa

1 comment:

Rotan Kita said...

Saya setuju dengan artikel di atas, bahwa enceng gondok bisa di buat berbagai kerajinan, bisa juga untuk bahan baku pembuatan furniture.
Kami Rotan Kita - Furniture Rotan & Art, menyediakan berbagai furniture rotan dan enceng gondok, seperti ; kursi tamu, kursi makan, kursi ters, kursi santai dan handicraft.
Untuk melihat-lihat lebih jelas tentang produk kami, silahkan kunjungi website kami ; RotanKita.com.
Terima kasih.. :-)

Custom Search