Danau Rawa Pening Ambarawa

Danau Rawa Pening adalah sebuah danau alami yang sangat indah. Dikelilingi oleh gunung-gunung, perbukitan, dan hamparan sawah yang luas. Membuat keindahannya semakin membuat mata serasa dimanjakan. Apalagi dengan adanya sebuah legenda rawa pening yang melatar belakanginya.


Latar Belakang Danau Rawa Pening Ambarawa


Rawa Pening terletak di kota Ambarawa, dengan luas area mencapai sekitar 2.500 hektar. Diperkirakan danau alam Danau  Rawa Pening sudah terbentuk sejak sekitar 18.000 sampai 13.000 tahun Sebelum Masehi. Kemudian mencapai luas terbesarnya pada sekitar 11.000 hingga 9.000 tahun Sebelum Masehi, dan akhirnya luasnya menyusut seperti sekarang ini sejak sekitar 6.000 tahun Sebelum Masehi.

Danau Rawa Pening merupakan sebuah danau dengan air yang dahulunya cukup dalam. Namun semakin hari semakin menyusut seiring dengan pesatnya perkembangan tumbuhan Eceng Gondok yang banyak terdapat di dalamnya.


Fungsi dan Peranan Danau Rawa Pening Ambarawa


Sebagai danau alami yang bertugas menampung air alam dari pegunungan di sekitarnya, maka tidaklah heran jika Rawa Pening mempunyai peranan yang sangat besar terutama bagi kehidupan masyarakat di sekitar Rawa Pening.

  • Danau Rawa Pening Ambarawa Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air PLTA

Fungsi Danau Rawa Pening sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air didukung dengan adanya sebuah pembangkit di desa Jelog yang berada di dekat Rawa Pening. Pembangkit Listrik Tenaga Air Jelong dapat mengaliri desa-desa di sekitar Danau Rawa Pening dengan listrik yang sangat memadai.Rawa Pening Sebagai Sumber Perikanan

Dengan adanya air tawar yang kualitasnya sangat bagus seperti yang ada di Danau Rawa Pening ini, maka tidak salah jika kemudian masyarakat sekitar memanfaatkan keadaan ini dengan beternak ikan. Sebenarnya Rawa Pening sendiri merupakan danau penghasil ikan yang cukup baik pada masa lalu. Namun sekarang ini jumlah ikan di dalam danau telah semakin menyusut. Untuk itu maka lalu masyarakat sekitar Danau Rawa Pening berinisiatif untuk menjadi peternak ikan.

Peternakan ikan di Danau Rawa Pening dilakukan dengan sistem ‘Karamba’. Para peternak ikan di sini sebagian besar memiliki karamba yang terletak di tengah danau. Karamba-karamba ini biasanya memiliki beberapa tempat pemeliharaan yang dilengkapi dengan sebuah rumah kecil di atasnya. Karena tidak jarang para peternak juga tidur dan tinggal di atas karamba.

  • Danau Rawa Pening Ambarawa Sebagai Pusat Irigasi

Dengan adanya sumber air yang melimpah, maka selain sebagai peternak ikan banyak masyarakat sekitar Rawapening yang memanfaatkan tanah di sekitar Danau Rawa Pening sebagai tanah pertanian atau persawahan. Dengan adanya Rawa Pening memang persawahan yang menghampar luas di sekitar Rawa Pening telah mampu menghasilkan produksi padi yang sangat baik dan melimpah. Hal ini tentu saja didukung dengan adanya sumber pengairan irigasi yang baik dari air Danau Rawa Pening.

  • Danau Rawa Pening Ambarawa Sebagai Sumber Mata Pencaharian


Danau Rawa Pening Ambarawa - Nelayan
Danau Rawa Pening Ambarawa - Nelayan Pencari Ikan


Salah satu hasil lain dari Rawa Pening adalah Eceng Gondok. Eceng Gondok adalah sebuah tanaman air rawa yang hidup mengambang di permukaan air. Manfaat Eceng Gondok yang sangat besar inilah yang saat ini merupakan sumber mata pencaharian para penduduk sekitar.

Eceng Gondok memang sekarang ini telah menjadi bahan utama aneka produk kerajinan tangan yang sangat bagus. Saat ini Danau Rawa Pening telah menjadi salah satu daerah penyuplai kebutuhan eceng gondok bagi berbagai industri kerajinan tangan di berbagai tempat khususnya Jawa.

  • Danau Rawa Pening Ambarawa Sebagai Pengendali Banjir


Letak Danau Rawa Pening yang tepat di tengah-tengah di bawah kaki semua pegunungan di sekelilingnya membuat Rawa Pening juga memiliki fungsi sebagai danau pengendali banjir. Danau Rawa Pening mampu menampung air yang sangat banyak terutama pada masa musim penghujan. Dengan adanya Rawa Pening ini maka semua air hujan dapat tertampung dengan baik di sini, dan membuat kota-kota di sekitar Rawa Pening aman dari banjir.


Potensi Wisata Danau Rawa Pening Ambarawa


  • Wisata Alam Pemandangan Danau Rawa Pening Ambarawa

Keindahan danau alam Rawa Pening memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak potensi wisata yang bisa dimanfaatkan dengan adanya Danau Rawa Pening. Aneka jenis wisata bisa diolah dari keberadaannya seperti misalnya wisata alam dengan menikmati keindahan danau Rawa Pening. Baik dari tepi danau maupun dengan menyusuri tengah danau menggunakan perahu.

Danau Rawa Pening Ambarawa
Danau Rawa Pening Ambarawa


  • Wisata Memancing di Danau Rawa Pening Ambarawa

Jenis wisata lainnya adalah wisata memancing. Memancing adalah salah satu jenis kegiatan yang sangat banyak dilakukan di kawasan Danau Rawa Pening ini. Hal ini berhubungan erat dengan melimpahnya ikan di perairan Danau Rawa Pening. Ini yang juga sekarang banyak dikembangkan oleh beberapa pihak sebagai paket tujuan wisata.


  • Wisata Kuliner Danau Rawa Pening Ambarawa

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah wisata kuliner. Dengan adanya produksi perikanan di Danau Rawa Pening yang sangat melimpah maka sangat tepatlah jika kemudian banyak bermunculan kawasan atau tempat wisata kuliner di seputaran Danau Rawa Pening. Yang ditawarkan dari wisata kuliner di sini yang paling utama tentu saja ikan. Aneka rumah makan yang menyajikan berbagai jenis ikan air tawar bisa kita temukan dengan mudah di tempat ini. Dan menu yang disajikanpun tidak hanya ikan saja.

Di daerah ini banyak menu selain ikan yang juga ditawarkan diantaranya adalah keong, belut, udang, dan lain sebagainya. Selain itu tanaman eceng gondok yang melimpah pun dapat diolah menjadi menu minuman yang cukup lezat. Dengan kekayaan potensi alam yang beraneka rupa tersebut, maka tidak ada salahnya anda mampir ke Danau Rawa Pening jika ada kesempatan berkunjung ke kota Ambarawa atau Salatiga. --Danau Rawa Pening Ambarawa--


Incoming search terms :

rawa pening, rawapening, legenda rawa pening, wisata di semarang, cerita rakyat rawa pening, objek wisata di semarang, eceng gondok, enceng gondok , manfaat eceng gondok, kampung rawa ambarawa

2 comments:

CV. MATOH POWERINDO said...

ijinnya sudah ada belum nih?

Hotel Ambarawa said...

rawa pening sebetulnya mempunyai pemandangan yang sangat bagus, sayang ada eceng gondok..

Custom Search