Kampung Rawa Ambarawa

Kampung Rawa Ambarawa adalah sebuah tempat tujuan wisata di kota Ambarawa.

Tempat wisata Kampung Rawa ini memang tergolong sebagai tempat kunjungan wisata yang masih baru di kawasan Ambarawa. Namun ternyata sejak didirikannya tempat ini mengalami peningkatan kunjungan para wisatawan yang meningkat.


Latar Belakang Kampung Rawa Ambarawa


Ambarawa adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah. Kota yang berhawa sangat sejuk ini letaknya sangat strategis yaitu hanya berjarak sekitar 30 km dari kota Semarang. Dan berjarak sekitar 60 km dari Yogyakarta. Sedangkan kota di sekitarnya yaitu Banyubiru yang berjarak sekitar 5 km, dan Salatiga yang berjarak kurang lebih 25 km.

Kota Ambarawa juga terletak diantara beberapa gunung besar yang mengelilinginya, diantaranya gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Gajah Mungkur, dan banyak lagi bukit yang mengelilinginya. Keadaan ini telah membuat kota Ambarawa menjadi tandon air yang cukup besar bagi air yang mengalir dari pegunungan yang mengelilinginya. Inilah mengapa kemudian di Ambarawa ini terdapat pula sebuah danau alami yang cukup besar yang diberi nama Rawa Pening.

Dan walaupun Ambarawa terletak di kaki gunung, namun Ambarawa adalah sebuah kota kabupaten yang sangat sejuk. Ambarawa memiliki banyak sekali potensi alam dan potensi wisata yang luar biasa. Potensi tersebut diantaranya adalah potensi wisata alam. Dalam hal ini Ambarawa memiliki sebuah tempat wisata yang potensial yaitu danau Rawa Pening.

Rawa Pening adalah sebuah rawa yang berukuran cukup besar dengan segala kekayaan alamnya. Salah satu yang diunggulkan dari Rawa Pening adalah ikan. Di daerah Rawa Pening ini banyak sekali penduduk yang bekerja sebagai nelayan atau peternak ikan. Sesuai dengan kondisi alamnya, penduduk di Rawa Pening sebagian besar memang menggantungkan kehidupannya dari Rawa Pening, misalnya sebagai pemilik karamba ikan.


Berdirinya Kampung Rawa Ambarawa 


Kekayaan potensi alam Rawa pening inilah yang kemudian coba dimanfaatkan oleh masyarakat Ambarawa, khususnya para peternak ikan di sekitar Rawa Pening Ambarawa. Tersebutlah sebuah Koperasi Simpan Pinjam di sana yang bernama KSP Artha Prima, yang sejak tahun 2004 telah berjasa menyalurkan kredit agrobisnis yang merupakan suntikan dari Kementrian Koperasi dan UKM. Dana kredit tersebut telah dimanfaatkan oleh para peternak ikan di Rawa Pening dengan membuat karamba-karamba ikan. Dan ternyata sekarang karamba-karamba tersebut telah menghasilkan ikan yang sangat bagus.

Dengan melihat hasil perikanan yang sangat bagus tersebut lalu beberapa anggota Koperasi KSP Artha Prima berinisiatif menyatukan beberapa kelompok tani Rawapening untuk bekerjasama membangun wisata Ambarawa kahususnya Rawa Pening agar dapat lebih meningkatkan taraf hidup mereka. Lalu sepakatlah mereka untuk membuat sebuah tempat tujuan wisata yang sangat menarik, yaitu Agrowisata Kampung Rawa Ambarawa.

Kampung Rawa Ambarawa - Rumah Makan Apung
Kampung Rawa Ambarawa - Rumah Makan Apung


Apa Itu Kampung Rawa Ambarawa?


Kampung Rawa Ambarawa adalah sebuah kawasan Agrowisata. Di Kampung Rawa Ambarawa ini banyak sekali yang ditawarkan diantaranya adalah wisata kuliner, wisata permainan anak, wisata air, dan lain sebagainya. Dan hebatnya semua ini terpusat dalam satu area saja.


Lokasi Kampung Rawa Ambarawa 


Kampung Rawa Ambarawa terletak di kota Ambarawa. Alamat lengkap Kampung Rawa Ambarawa adalah Jl. Lingkar Selatan Km.03 Ambarawa, Kab. Semarang - Jawa Tengah Telp. (0298) 6170152. Lokasi Kampung Rawa Ambarawa sangat mudah dicari.

Dengan melewati Jalan Lingkar (Ring Road) Ambarawa, maka anda akan melewati tempat wisata Kampung Rawa Ambarawa yang terlihat dari jalan raya. Lokasinya dari jalan raya agak masuk ke dalam sekitar 200 meter, namun dari tepi jalan raya para pengunjung sudah disambut dengan sebuah gapura besar sebagai tanda arah.


Fasilitas Kampung Rawa Ambarawa 


Ada banyak sekali fasilitas yang ditawarkan oleh Kampung Rawa Ambarawa, yaitu :

1. Rumah Makan Apung - Kampung Rawa Ambarawa


Gambar Kampung Apung - Kampung Rawa Ambarawa - Rumah Makan Apung
Rumah Makan Apung di Kampung Apung - Kampung Rawa Ambarawa 


Kampung Rawa Ambarawa memiliki sebuah rumah makan apung, yaitu sebuah rumah makan dengan konsep mengapung di atas air. Rumah makan apung yang ada di sini sangat istimewa, karena terletak di tengah-tengah areal persawahan yang begitu luas.

Selain itu untuk masuk ke dalam rumah makan apung para pengunjung harus menyeberang air dengan menggunakan sebuah rakit. Tapi jangan khawatir, ada seorang petugas yang selalu stand by di atas rakit dan siap untuk mengantarkan para pengunjung.

Rumah makan apung Kampung Rawa Ambarawa sangat cocok dikunjungi oleh keluarga. Disini memiliki menu yang juga cukup menarik, diantaranya ayam goreng/bakar, berbagai masakan ikan air tawar, dan juga aneka minuman yang semuanya memiliki harga yang sangat terjangkau oleh keluarga. Bahkan yang cukup unik rumah makan ini menyediakan minuman dari eceng gondok.

2. Wisata Keluarga dan Anak-anak - Kampung Rawa Ambarawa


Selain rumah makan dengan berbagai menu khas Indonesia, Kampung Rawa Ambarawa juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas wisata untuk keluarga, khususnya anak-anak. Diantaranya adalah bebek air, becak air, becak mini, bendi, jetsky, ATV, perahu karet, perahu kayu, dan pemancingan.

Bagi anak-anak yang ingin bermain juga telah tersedia kereta mini, istana balon, dll. Sedangkan bagi orang dewasa mereka bisa menikmati becak air atau bebek air yang digenjot di dalam sebuah kolam.

Kampung Rawa Ambarawa - Kolam Pemancingan
Kampung Rawa Ambarawa - Kolam Pemancingan

3. Ruang Pertemuan - Kampung Rawa Ambarawa


Kampung Rawa Ambarawa juga memiliki sebuah tempat pertemuan bergaya joglo terbuka yang juga terapung di atas air. Dengan adanya tempat pertemuan ini maka anda dapat datang bersama keluarga atau rombongan dan mengadakan berbagai acara di sini.

4. Panggung Hiburan - Kampung Rawa Ambarawa


Saat ini Kampung Rawa Ambarawa juga telah memiliki sebuah panggung hiburan yang terletak di are perparkiran. Panggung terbuka ini bisa dimanfaatkan untuk acara-acara tertentu.


Harga Di Kampung Rawa Ambarawa


Walaupun merupakan sebuah obyek wisata, namun untuk dapat masuk ke Kampung Rawa Ambarawa para pungunjung tida dikenakan biaya masuk. Hanya saja di pintu gerbang para pengunjung akan diwajibkan membayar ongkos parkir sebesar Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 4.000,- untuk mobil.

Sedangkan untuk aneka permainan dan fasilitas anak, pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri jika ingin bermain atau menggunakan fasilitas permainan yang ada. Anak-anak yang ingin bermain bisa membayar tiket secara terpisah.

Nah bagi keluarga yang sedang mengunjungi kota Ambarawa atau Salatiga, tidak ada salahnya anda mampir ke tempat ini. Sambil melepas lelah anda bisa menikmati udara segar persawahan yang terbentang luas di tepian danau Rawa Pening yang dikelilingi pegunungan membentang luas. Dan sebagai pelengkap anda dapat juga menikmati semua masakan yang juga lezat di Kampung Rawa Ambarawa.



Incoming search terms :

kampung rawa ambarawa, kampung rawa, ambarawa, rawa pening, banyubiru, kampung apung, rumah makan apung, lokasi kampung rawa ambarawa, wisata keluarga, wisata kuliner

12 comments:

Anonymous said...

kokinya jorokkkk.............

Anonymous said...

joroknya gmn?

masakannya enak ngga?
harganya gmn? standar atto mahal?

Anonymous said...

harganya termasuk mahal menurtut saya

Anonymous said...

sebenarnya ide pendirian kampung rawa bagus banget, cuman karena faktor pembangunan yang belum finishing banget, bikin nggak begitu nyaman waktu ngunjunginnya, apalagi kalau siang ebusyeett panas banget gan, itu terakhir kali saya ngunjungin sih gitu, cuman saya suka pemandangan sekitarnya sih hehe

Anonymous said...

makanannya juga kurang T O P, kurang greget rasa dan kuantitasnya

Anonymous said...

Masih belum 100% pembangunanya jd wajar klo panas banget,tp soal masakan tidak maknyuss dan mahal menurut saya

Unknown said...

hargaane muahaaaaal bangeeeeeeeet rasanya ga enaaaaaaaaaak

Anonymous said...

ga ada tarif makanannya ya?

Unknown said...

Tempat na emng menarik tp sayang g didukung service excellent...waitress na judes2 gak ada empati lbh ke pelanggan....cukup tau aj deh

Unknown said...

Tolong info dong, kalo dri semarang, angkotnya bagaimana ya??

Unknown said...

Tolong info, klo dari semarang angkotnya bagaimana ya??

Anonymous said...

pengen ke kampung rawa. apa perlu reservasi nggak. apa betul pelayananya mengecewakan dan makananya nggak enak?

Custom Search