Wisata Bandungan Ambarawa

Bandungan adalah sebuah tempat wisata alam pegunungan yang wajib anda kunjungi bila sedang berada di kota Ambarawa.

Kota Ambarawa yang adalah sebuah kota kecamatan yang tidak terlalu besar ternyata juga memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah wisata alam Bandungan.


Bandungan Ambarawa Dan Latar Belakangnya


Bandungan merupakan sebuah daerah yang terletak di dataran tinggi di atas kota Ambarawa. Letaknya yang berada di ketinggian dan di kaki pegunungan membuat tempat ini beriklim sangat sejuk khas daerah pegunungan. Letak daerah ini tepatnya di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.000 Meter di atas permukaan laut.

Walaupun merupakan sebuah kecamatan yang tidak begitu luas, namun ternyata dengan kekayaan wisata alamnya yang diolah dengan baik telah membuat wisata alam Bandungan menjadi sebuah obyek wisata primadona di kota Ambarawa. Dan rasanya belumlah lengkap bila berkunjung ke kota Ambarawa tanpa mengunjungi Bandungan juga.


Fasilitas Dan Akomodasi Di Bandungan Ambarawa


Sebagai tempat tujuan wisata, Bandungan sekarang ini telah berkembang dengan sangat baik. Dan untuk menunjang fungsinya sebagai tempat tujuan wisata, maka di Bandungan sekarang ini telah dilengkapi dengan segala fasilitas dan akomodasi penunjang.

Wisata Bandungan Ambarawa


Penginapan Bandungan Ambarawa


Bagi para turis yang berkunjung ke Bandungan sekarang ini sudah tidak perlu khawatir mencari penginapan. Di Bandungan sekarang ini telah banyak sekali terdapat penginapan yang sangat bervariasi. Dari segi harga maupun fasilitasnya para wisatawan bisa bebas memilih. Dari yang paling murah dengan fasilitas sederhana namun tetap memuaskan, sampai dengan penginapan dengan kelas dan harga yang sedikit mahal.

Para pengunjung bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing. Bahkan sekarang ini beberapa tempat juga telah menyediakan kolam renang sebagai fasilitas pelengkap. Jadi untuk para wisatawan yang memang tidak ingin menginap, mereka bisa hanya sekedar berenang atau menikmati pemandangan pegunungan saja.


Pasar Tradisional Bandungan Ambarawa


Untuk melengkapi fasilitas yang ada di Bandungan, maka pemerintah daerah setempat juga telah membangun sebuah pasar yang cukup lengkap. Sebenarnya pasar tradisional yang ada di Bandungan ini telah sejak lama ada.

Pasar Bandungan ini sebenarnya hanyalah sebuah pasar tradisional biasa. Namun dengan meningkatnya kunjungan para wisatawan di Bandungan, maka tidaklah heran jika kemudian para pedagang setempat melihat peluang yang sangat bagus dengan mengembangkan pasar tradisional yang telah mereka miliki sebelumnya.

Hal ini tampak dengan produk atau barang-barang yang dijual di Pasar Bandungan tidak hanya sekedar kebutuhan pokok harian. Namun lebih dari itu para wisatawan akan banyak menjumpai pedagang yang menjajakan barang-barang lainnya misalnya pedagang jagung rebus dan jagung bakar yang jumlahnya cukup banyak. Ini memang sangat khas seperti yang banyak kita jumpai di beberapa tempat wisata pegunungan lainnya.

Wisata Bandungan Ambarawa - Wisata Alam Pegunungan
Wisata Bandungan Ambarawa - Wisata Alam Pegunungan

  • Pasar Sayuran Bandungan Ambarawa

Pasar Sayuran Bandungan tidak pernah sepi oleh para pedagang sayuran segar khas pegunungan hasil panen para petani setempat. Sayuran yang dijajakan para pedagang setempat memang sebagian masih sangat segar. Ini karena sebagian besar sayuran yang dijual adalah hasil panen dari petani setempat. Dan karena hasil panenan sendiri maka tidak heran jika harga yang ditawarkan oleh para pedangan cukup murah. Selain untuk dijajakan kepada para wisatawan, memang sebenarnya Pasar Sayur Bandungan juga berfungsi sebagai pemasok kebutuhan sayuran segar bagi daerah sekitar.

  • Pasar Buah Bandungan Ambarawa

Di Bandungan selain terdapat sebuah pasar sayuran, juga terdapat sebuah pasar buah yang tentu saja menjual buah-buahan segar. Namun yang khas adalah Bandungan ini merupakan salah satu tempat penghasil buah kelengkeng yang cukup besar. Buah Kelengkeng yang dihasilkan oleh daerah Bandungan juga sangat bagus kualitasnya, selain rasanya yang sangat manis daging buahnya juga cukup tebal. Bahkan kalau kita perhatikan, di daerah Bandungan ini hampir di setiap rumah mempunyai pohon kelengkeng di pekarangannya.

  • Pasar Bunga Bandungan Ambarawa

Satu lagi yanga khas dari Bandungan adalah Pasar Bunga Bandungan. Di pasar bunga ini puluhan petani penghasil bunga segar menjajakan bunga hasil kebun mereka kepada para tengkulak. Dan daerah ini juga terkenal sebagai salah satu daerah sentra bunga segar.



Alam Pegunungan Bandungan Ambarawa


Dan tentu saja yang menjadi primadona dari Bandungan adalah pemandangan alam pegunungannya yang sangat menawan. Ya, letak bandungan yang cukup tinggi membuat kita dapat pula menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Dari atas Bandungan kita bisa menikmati pemandangan pengunungan lain yang berada di sekitar Bandungan seperti Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan perbukitan yang membentang luas mengelilingi kota Ambarawa.


Candi Gedong Songo 


Wisata Bandungan Ambarawa - Candi Gedong Songo
Wisata Bandungan Ambarawa - Candi Gedong Songo


Salah satu tempat wisata yang berada paling dekat dengan Bandungan adalah komplek Candi Gedong Songo. Komplek percandian hindu ini teletak persis di atas Bandungan dengan jarak hanya sekitar 10 saja. Untuk mencapainya kita bisa hanya denga berjalan kaki saja. Atau jika mau para wisatawan bisa mencapai lokasi Candi Gedong Songo dengan menaiki kuda. Untuk dapat merasakan sensasi berkuda menuju komplek Candi Gedong Songo ini pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 40.000,-


Wisata Kuliner Bandungan Ambarawa


Dan akhirnya yang tidak kalah menarik dari Bandungan adalah wisata kuliner atau wisata makanan. Karena letak Bandungan yang dekat dengan danau alam Rawa Pening membuat Bandungan juga menawarkan wisata kuliner yang cukup menarik. Wisata kuliner di Bandungan ini tentu saja banyak disokong oleh Rawa Pening yang juga merupakan penghasil ikan yang cukup melimpah.

Dengan adanya Rawa Pening membuat banyak sekali bermunculan rumah makan yang menawarkan beraneka menu ikan air tawar. Selain menu masakannya yang bervariasi, pilihan berbagai macam jenis ikan juga bisa kita temui di sekitar Rawa Pening ini. Selain itu yang tidak kalah unik adalah menu masakan berbahan dasar eceng gondok.

Dengan segala jenis wisata yang ditawarkan oleh Bandungan, maka tidak aneh kalau para wisatawan sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas, akomodasi, dan pilihan obyek wisata yang beragam. Untuk itu jika anda sedang berada di kota Ambarawa atau sedang berwisata ke kota Ambarawa, tidak ada salahnya anda datang berkunjung juga ke obyek wisata alam Bandungan. --Wisata Bandungan Ambarawa--

**Nikmati wisata kuliner di tepi Rawa Pening di sini


Incoming search terms :

bandungan, ambarawa, rawa pening, candi gedong songo, wisata semarang, monumen palagan ambarawa, wisata ambarawa, museum ambarawa, museum kereta api ambarawa, palagan ambarawa

5 comments:

Unknown said...

ternyata di ambarawa ada objek wisata keren seperti ini , like it :-)
kunjungi blog saya juga ya, di pelitawisatakita

Duta Transport said...

bagus bgt,,, wisata di jogja kunjungi www.dutawisata.blogspot.com

Backpacker ke Korea Selatan said...

Keren Banget Infonya, akhirnya jadi tahu kalo di Ambarawa punya objek wisata juga.

Museum Ambarawa said...

Museum ambarawa merupakan objek wisata bersejarah., nilai edukasinya bisa kita dapatkan

Unknown said...

Wisata museum ambarawa mempunyai nilai edukasi sejarah nasional.

Custom Search